Cara Membasmi Keong Mas Di Sawah

Cara Membasmi Keong Di Sawah - Semangat pagi sahabat tani ! Jumpa lagi dengan saya cak gopang yang tidak ada bosan-bosannya menulis artikel seputar pertanian. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi artikel cara membasmi keong mas di sawah.

Seperti diketahui, keong mas sekarang ini menjadi salah satu hama yang menakutkan di awal-awal masa tanam. Banyak bibit padi berkurang signifikan akibat termakan oleh hama ini, akibatnya tidak sedikit bibit yang harus di sulami ( diganti ) agar anakan padi tetap bisa tumbuh maksimal.


Nah, setelah ini cak gopang akan membagikan bagaimana cara membasmi keong mas di sawah. Cara yang akan saya bagikan adalah cara aman, aman, irit tanpa biaya. Dijamin mudah pokoknya hehe ! Oke sahabat langsung saja disimak cara-nya ya ..

Cara Membasmi Keong Mas Di Sawah


Cara ini adalah berdasarkan pengalaman pribadi atas usulan dari beberapa teman ppl saya. Cara ini alami dan mudah. Ini dia ..

Berikan Daun Pepaya Atau Pisang

Perlu diketahui, sejatinya makanan pokok keong mas bukanlah padi, trus kenapa keong memakan padi ? KEPEPET. Itu jawabannya hehe. Jadi begini, keong mas memakan padi karena adanya memang cuma padi. Daun yang paling disukai keong mas adalah daun pepaya dan pisang.

Jadi cara membasmi keong mas di sawah tidak perlu pakai kekerasan, cukup pakai 2 daun tadi yaitu pepaya dan pisang, Atau salah satunya saja. Caranya begini :
  • Ambil daun pisang atau pepaya secukupnya.
  • Kemudian letakkan daun-daun tersebut mengelilingi area sawah. Tunggu sampai keesokan harinya
  • Nah, keesokan paginya pasti banyak sekali keong yang bergurumbul memakan daun-daun tadi. Saat itulah anda bisa mengambil semua keong-keong mas yang ada.
  • Lakukan hal yang sama keesokan harinya sampai keong mas benar-benar sudah berkurang

Nah sahabat, simple sekali kan caranya ? coba saja cara di atas. Pasti berhasil, daun pepaya dan pisang juga tidak perlu beli kan. Masih males mencoba ? ndak usah jadi petani hehe. Bercanda sob.

Oke sahabat sekian artikel cara membasmi keong mas di sawah dari saya. Semoga bisa membantu sahabat tani semuan, Amiin !

0 comments