Inilah 5 Rahasia Cara Mengusir Burung Di Sawah

cara mengusir burung di sawah
Cara Mengusir Burung Di Sawah Yang Efektif

Semangat pagi sahabat tani Indonesia ! sSetelah sebelumnya saya berbagi artikel cara pembuatan pupuk kompos yang bagus, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi artikel cara mengusir burung di sawah. Karena burung menjadi salah satu hama berkelompok yang merugikan khususnya bagi petani padi.


Bertani padi memang tidak bisa di anggap remeh. Usaha yang dilakukan harus semaksimal mungkin. Mulai dari pembibitan, penanaman, pemupukan, pengendalian hama. Bertani padi memang hasilnya tidak seberapa dibanding modal dan tenaganya, akan tetapi barokah yang didapat tidak bisa didapat oleh petani lainnya, Karena beras berasal dari padi, yang kemudian di makan oleh 100 juta lebih orang indonesia.

Nah biasanya yang menjadi kendala ialah saat padi mulai berisi, disitulah hama seperti burung mulai mengganggu. Biasanya burung emprit (jawa) yang hidup bergerombol. Mereka memakan padi di persawahan yang mulai menguning. Nah untuk mencegah atau mengusir hama ini, ada beberapa cara yang biasa di gunakan oleh petani. Apa saja itu ?


Cara Mengusir Burung Disawah

Untuk mengusir burung disawah kita bisa menggunakan cara dibawah ini :

1. Memasang Orang-Orangan Sawah

Cara ini sudah banyak sekali diterapkan oleh petani hampir disemua daerah. Kita hanya membuat boneka dari jerami kemudian dipakaikan baju dan celana, pokoknya sampai benar-benar mirip manusia. Tujuannya untuk menakut nakuti burung agar tidak mendekat.

2. Membuat Bunyi-Bunyian Dari Kaleng

Cara berikutnya yaitu dengan membaut bunyi-bunyian, biasanya dibuat dari kaleng bekas. Caranya dengan mengikat kaleng bekas dalam jumlah banyak. Kemudian diberi tiang mengelilingi area sawah dan kaleng yang sudah diberi tali tadi diikatkan pada tiang kemudian dibentangkan mengelilingi sawah. Nah, saat ada burung datang kita hanya menarik bagian ujung tali saja.

3. Menanam Padi Secara Serempak

Cara terakhir yaitu dengan melakukan penanaman padi secara serempak. Jadi ketika ada segerombolan burung datang, burung-burung tersebut tidak terfokus hanya pada satu area saja. Jadi meminimalisir kehilangan padi yang siap panen.


4. Memasang  Bendera Di Sekitar Sawah

Cara selanjutnya yaitu dengan memasang bendera di area persawahan. Bendera bisa terbuar dari plastik besar atau kain. Jadi ketika bendera ini terhempas angin akan melambai lambai sehingga menakuti burung yang ada.

5. Memperbanyak Pupuk Organik

Apa hubungannya dengna burung ? jadi begini, padi yang banyak mengandung pupuk organik, tekstur padi cenderung lebih keras untuk burung. Burung tidak begitu suka dengan padi yang bertekstur keras. Pengalaman ini saya dapat dari cerita peteni sebelah  yang pernah menggunakan pupuk organik untuk padinya.


Nah sahabat, itulah beberapa cara mengusir burung disawah yang bisa saya bagikan. Jika ada yang kurang dari artikel saya ini anda bisa memberikan kritik dan saran pada kolom komentar yang sudah disediakan.

Salam Tani,,

0 comments