Trik ! Cara Membasmi Hama Wereng Padi


cara membasmi hama wereng
Cara Membasmi Hama Wereng Yang Benar

Semangat pagi sahabat tani Indonesia ! semoga kita selalu diberi kesehatan dan rizki yang barokah amiin. Setelah kemarin saya berbagi artikel beberapa hama padi, pada kesempatan kali ini saya kan berbagi artikel bagaimana cara mencegah dan mengendalikan hama wereng. Semoga memberikan manfaat.


Hama Wereng

Wereng adalah sejenis serangga yang memiliki karateristik yang berbeda dari yang lain. wereng menjadi salah satu hama tanaman khususnya tanaman padi. Ada beberapa jenis wereng yaitu wereng coklat (nilaparvata lugens), wereng hijau (nephotettix virescens), dan wereng loreng (recilia dorsalis).

Wereng sangat menyukai tempat yang lembab dengan kisaran suhu 200 celcius. Hama  ini mempunyai usia 3-4 minggu terhitung mulai dari telur sampai mati. Wereng yang sudah dewasa mempunyai sayap untuk bergerak bebas. Hama ini menyerang tanaman padi dengan cara menghisap cairan tanaman padi atau bulirnya.

Semua hama memiliki musuh alami begitu juga dengan wereng. Musuh-musuh alami ini mampu menjadi alternative untuk mencegah dan mengatasi serangan hama wereng pada tanaman seperti padi. Apa saja musuh alami wereng ini ?
  • Belalang bertanduk
  • Laba-Laba serigala
  • Kumbang stacfilinea
  • Kumbang koksinelid
  • Kumbang tanah
  • Kepik pemuakaan air
  • Kepik mired
  • Capung kecil atau kinjeng dom

Efek Buruk Serangan Hama Wereng

Akibat serangan hama wereng mempunyai dampak yg merugikan tanaman padi. Namun dampak serangannya berbeda-beda tergantung jenis dari wereng apa yang menyerang. Berikut efek serangan hama wereng.

1. Wereng Hijau Dan Loreng

Serangan hama wereng  hiju dan loreng mempunyai tanda yang hampir sama yakni sama menjadi vekto virus tungro.
Jika wereng telah menularkan virus tungro terhadap tanaman maka virus itu akan masuk ke jaringan tanaman padi yang bisa memicu padi kerdil.

2. Wereng Coklat

Serangan hama wereng coklat ialah menimbulkan tanaman padi bisa mongering dalam lokasi satu area saja. Tanda-tanda ini dapat dinamakan hoper burn.


Cara Mencegah Hama Wereng

Sebelum serangan hama wereng dating, maka labih abik kita melakukan penegahan sedini mungkin. Agar tidak mengeluarkan biaya yang banyak. Berikut caranya :
  1. Pasang perangkap menggunakan lampu, karena wereng suka sekali pencahayaan. Dalam lampu 100 watt, Wereng bisa berkumpul sekitar 400.000 an.
  2. Pakailah bibit padi unggul VUTW ( Varietes Unggul Tahan Wereng ). Bibit padi seperti ini secara fisik lebih tahan terhadap infeksi virus tungro yang dibawa oleh wereng
  3. Lakukan pembersihan gulma secara rutin pada lahan persawahan. Apabila anda tidak punya waktu, maka gunakan herbisida pra tumbuh semisal Ally Plus. Herbisisda ini tidak membunuh padi tapi hanya membunuh rumput berdaun sempit jua mencegah rumput tumbuh kembali.
  4. Semprotkan insektisida yang mengandung bahan aktif karbofuran atau imadikoplorid setiap 4-7 hari satu kali. Tapi gunakan dosis sesuai anjuran supaya musuh alami tidak mati.

Cara Mengatasi Hama Wereng

Apabila serangan hama wereng tetap dating, maka ada beberapa langkah mengatasi hama ini supaya tidak sampai terjadi kerusakan yang parah, yaitu :
  1. Kendalikan menggunakan insektisida yang mengadung bahan aktif karbofuran ( insektisida kontak ) atau imadikoplorid
  2. Agar insektisida tidak cepat hilang, tambahkan perekat. Terlebih lagi saat musim hujan
  3. Hama wereng biasa sembunyai pada batang bagian bawah, sebab itu rerumpunan padi sambil dibuka-buka
  4. Pemakaian insektisida sebaiknya menggunakan merk yang berbeda. Di selang seling

Nah sahabat, itulah atikel cara membasmi hama wereng yang dapat saya bagikan. Semoga bermanfaat untuk kita semua khususnya petani.


Salam tani,,

0 comments