4 Alat Tanam Padi Jajar Legowo

alat tanam padi jajar legowo
Alat  Tanam Padi Jajar Legowo Memudahkan Proses Penanaman

Semangat pagi sahabat tani Indonesia ! Semoga kita selalu diberikan kesehatan dan barokah rizki Amiin. Setelah sebelumnya saya berbagi artikel cara membuat pupuk kandang, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi artiagkel alat apa saja yang dibutuhkan untuk menanam padi jajar legowo. Semoga bisa bermanfaat untuk kita semua Amiin.

Cara menanam padi jajar legowo merupakan salah satu metode cara menanam padi yang sangat baik. Sebab dengan jarak yang tidak terlalu rapat menjadikan padi memperoleh sinar matahari secara maksimal. Sehingga kondisi sawah tidak begitu lembab yang biasanya memicu virus penyebab penyakit.

Asal Kata ”LEGOWO”

Legowo berasal sari dua kata yaitu dari kata “Lego” yang artinya luas dan “Dowo” yang artinya panjang. Tujua paling penting dari sistem tanam padi dengan jajar legowo adalah meningkatkan jumalah (populasi) tanaman padi dengan cara mengatur jarak tanam dan memanipulasi lokasi dari tanaman yang seakan-akan tanaman padi berada di pinggir (tanaman pinggir) atau seakan-akan tanaman lebih banyak berada di pinggir

Baca Juga :


Seperti yang kita ketahui, tumbuhan padi yang teletak di pinggir akan menghasilkan jumlah padi lebih banyak dan lebih berkualitas. Disebabkan  tanaman padi di pinggir akan memperoleh sinar matahari yang lebih masksimal. Itulah alasannya kenapa sistem jajar legowo menjadi salah satu cara menanam padi yang baik dan menguntungkan dalam upaya meningkatkan produksi panen gabah.


Alat Tanam Padi Jajar Legowo

Agar cara menanam padi jajar legowo lebih mudah, anda perlu beberapa alat tanam padi jajar legowo yang berfungsi mempermudah proses cara menanam padi yang baik dan didapat jarak tanam padi ideal. Contoh alatnya yaitu caplak jajar legowo. Dilain kesempatan akan saya bagikan artikel cara pembuatan caplak legowo. Berikut alat tanam padi jajar legowo yang bisa anda gunakan :

1.Tali Plastik

Alat tanam padi jajar legowo ini membutuhkan waktu dan tenaga yang ekstra. Bagaimana caranya mamakainya ?. 1 )tali plastik dibentangkan sesuai luas lahan perawahan anda. 2 ) jarak antar tanaman bisa anda buat sesuai dengan jarak tanam padi ideal.

2. Caplak Kayu

Caplak kayu atau caplak jajar legowo dipakai untuk menentukan jarak tanam. Cara memakainya mudah, tarik sampai terbentuk kotak untuk menanam padi jajar legowo. Tapi kelemahan alat ini adalah ketika akan menentukan jara tanam, anda masih membutuhkan tambahan alat lain.
alat tanam padi jajar legowo
Alat Caplak Kayu


3. Atajarwo Yang Terbuat Dari Besi

Alat tanam padi jajar legowo ini terbuat dari besih semuanya. Alat tersebut akan menghasilkan garis untuk pola tanam padi jajar legowo sehingga menghasilkan jarak tanam padi ideal. Walaupun cara penggunaannya cukup praktis, harga alat ini cukup mahal. Sehingga anda harus merogoh saku lebih dalam. Hehe..
alat tanam padi jajar legowo
Atajarwo Dari Besi


4. Atajarwo Dari Kayu Dan Paralon

Cara kerja alat ini persis dengan atajarwo yang dari besi. Hanya berbeda pada bahannya. Bahan-bahannya bisa anda temukan disekitar rumah. Biayanya juga lebih murah dibanding atajarwo yang dari besi.
alat tanam padi jajar legowo
Atajarwo Dari Kayu & Paralon


Nah sahabat, itulah artikel cara menanam padi jajar legowo. Semoga artikel ini dapat sedikit banyak membantu sahabat tani semua. Jika ada kekurangan pada artikel saya mohon berikan kritik dan saran pada kolom komentar. Semoga bermanfaat !

Salam tani,,

0 comments