6 Tips Cara Menanam Padi Organik

cara menanam padi organik
Cara Menanam Padi Organik

Semangat pagi petani indonesia ! Semoga kita semua senantiasa dalam rahmat dan hidayah-Nya dan semoga selalu diberi kesehatan amiin. Setelah sebelumnya saya berbagi artikel waktu penyemprotan fungisida pada padi, dikesempatan kali saya akan berbagi artikel cara menanam padi organik yang mudah tanpa ribet. Sebenarnya banyak sekali makalah budidaya organik yang bisa anda pelajari, tapi sulit mendapatkannya.

Pengertian padi organik sendiri adalah “padi yang ditanam tanpa bantuan pupuk dan pengendali kimia”, singkat, padat, dan jelasnya seperti itu. Banyak cara menanam padi organik, seperti salah satunya budidaya padi organik dengan metode sri. Dilain kesempatan akan saya bagikan artikelnya ya..hehe sabaarr !

Cara menanam padi organik pun sebenarnya hampir sama dengan cara menanam padi lainnya. Hanya saja tidak menggunakan bahan kimia. Yang penting perawatan seperti pemupukan, pengairan dan pengendalian hama secara tepat itulah cara menanam padi yang benar. Ok sahabat, langsung saja ke pembahasan…

Keunggulan Cara Menanam Padi Organik

  • Cara menanam padi organik lebih irit air, yaitu hanya butuh air 2 cm dari lahan. Tidak sama dengan cara konvensional yang memebutuhkan pengairan yang banyak sampai merendam tanaman padi
  • Cara menanam padi organik lebih irit biaya. Cuma memerlukan benih 5 kg / hektar. Mantab kan?
  • Cara menanam padi organik tidak butuh tenaga ekstra. Seperti tidak memerlukan tenaga pencabutan bibit dari persemaian seperti yang biasa dilakukan petani umumnya.
  • Cara menanam padi organik sangat menghemat waktu. Cukup waktu semai 2 minggu, sehingga masa panen bisa dilakukan lebih awal daripada yang lain
  • Cara menanam padi organik menghasilkan panen padi (gabah) lebih banyak ketimbang cara menanam padi tradisional umumnya
  • Cara menanam padi organik lebih ramah lingkungan. Karena tanpa memakai bahan kimia untuk pemupukan ataupun dalam pengendalian hama. Cara menanam padi ini hanya memanfaatkan pupuk organik seperti : pupuk kompos,pupuk kandang dan memanfatkan mikro-organisme yang bermanfaat untuk tanah dan tumbuhan.

Syarat Tumbuh Padi Organik

Untuk memulai cara menanam padi oranik yang baik, anda harus perhatikan dulu apa saja syarat tumbuhnya dan keunggulan padi organik. Ada beberapa syarat yang perlu anda ketahui sebelum belajar dan memulai cara menanam padi organik ini, agar menjadi cara menanam padi yang baik. Apa sajakah syarat-syarat itu ?
  1. Cara menanam padi organik akan sangat baik pada lokasi dengan ketinggian tanah 0 – 1.500 meter diatas permukaan laut (DPL)
  2. Membutuhkan sinar matahari penuh, karena sinar matahari sangat penting untuk proses fotosintesis tanaman
  3. Tanah yang bagus digunakan adalah tanah berlumpur dan mengandung banyak unsur hara yang penting untuk tanaman
  4. Untuk cara menanam padi organik, keasaman tanah diantara ph 5 – 7 derajat. Jangan kurang jangan lebih.

Langkah-Langkah Cara Menanam Padi Organik

Berikut ini penjelasan tahap-tahap dalam upaya memulai cara menanam padi organik yang benar. Pahami setiap tahapannya supaya diperoleh cara menanam padi yang baik dan menguntungkan.

1. Membuat Persemaian

Pembuatan persemaian  benih bisa dilakukan dengan cara memilih benih, maksudnya ketika benih direndam “ ada yang tenggelam dan terapung”. Buang benih yang terapung karena jelek. Untuk perbandingan jumlah benih dan luasan lahan persemaiannya yaitu ½ kg benih / 200m2.

Untuk cara memilih benih bisa dengan memasukan benih kedalam air yang sudah kasih larutan air garam. Benihnya direndam ke dalam air -+ 24 jam, kemudian tiriskan dan diperam 2-3 hari ditempat yang lembap sampai berkecambah. Setelah kecambah tumbuh lebih baik secepatnya disemai pada lahan persemaian yang telah diberi pupuk kompos 10 kg. Setelah umur 7 – 12 hari benih siap dipindah tanam.

2. Persiapan Lahan Tanam

Seperti cara menanam padi pada umunya, persiapan lahan perlu dipersiapkan dengan cara dibajak atau dicangkul bagi yang mampu (seperti naik haji aja ya hehe). Dan pembajakan bisa dilaksanakan sebanyak 2 kali.
  • Untuk pembajakan yang kasar dan memperhalus mencapai 2 -3 hari
  • Selanjutnya aliri sawah dengan air dan diamkan selama 1 hari. Dan pastikan besoknya benih sudah disemai dan sudah siap di pindah tanam setelah umur 7-12 hari

3. Proses Menanam Padi Organik

Di tahap penanaman ini, sebelum bibit dipindah tanam harus dilakukan penentuan jarak tanam. Jarak tanam padi ideal adalah 25 x 25 cm atau 30 x 30 cm. Perlu diperhatikan juga, untuk cara menanam padi organik jangan terlalu dalam sebab akar akan sulit untuk bergerak karena masih  kecil.

4. Perawatan Dan Pemupukan Padi Organik

Di tahap ini, anda harus benar-benar mengatur aliran air agar sawah tidak tergenang air terus menerus. Yang paling bagus hanya pengaliran air saja, penggenangan jangan terlalu lama. Sehingga perlu upaya pengairan dengan menutup dan membuka saluran air secara terjadwal.
Untuk pengairan pada penanaman tanah dangkal tanpa genangan air, sampai anakan berumur 10 – 14 hari. Selanjutnya isi air sampai menggenang dan tanah tidak terkena matahari.

Untuk pemupukan padi organik diberikan selang waktu 15-25 hari setelah tanam. Atau dilakukan pemupukan apabila tidak ada pertumbuhan signifikan. Kemudian saat padi mulai berbunga atau masak susu yaitu saat umur 2 bulan, sawah digenangi air dan mendekati masa panen lahan dikeringkan.

Untuk proses pemupukan bisa diberikan 20 hari sesudah tebar dengan memakai pupuk kompos 175 – 200 kg dalam kondisi tanah kering. Setelah 27 hari setelah tebar, sawah dialiri air kering dan basah secara begantian. Contohnya 3 hari kering 3 hari basah. Jangan terlalu lama !

5. Pengendalian Hama Padi Organik

Untuk tanaman padi dengan beberapa hama atau penyakit seperti burung, walang sangit, wereng dan daun menguning.

Cara mengendalikan hama dan penyakit :
  • Dengan pembuatan orang-orangan sawah untuk hama dan burung
  • Untuk pengendalian hama wereng, walang sangit bisa menggunakan pestisida hayati seperti nanas, bawang putih, serta kipait (gadung).
  • Sedangkan untuk padi yang menguning harus segera dicabut dan dibuang.

6. Masa panen

Untuk padi yang siap dipanen sama halnya dengan menanam padi lainnya. Yaitu apabila padi sudah menguning 90%.

Nah sahabat, demikian artikel cara menanam padi organik yang saya buat. Semoga bisa menambah wawasan untuk kita dan bernilai ibadah untuk saya. Hehe

Selamat bertani,,

0 comments