Inilah 2 Cara Pemupukan Padi Yang Benar



cara pemupukan padi
Cara Pemupukan Padi Yang Benar

Semangat pagi sahabat tani indonesia ! Setelah sebelumnya saya berbagi artikel 43 bahan pestisida organik, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi artikel cara pemupukan padi benar dan waktunya yang tepat. Pemupukan padi juga harus dilakukan diwaktu yang tepat agar hasilnya lebih optimal.

Tapi perlu diketahui, dalam hal pemupukan padi yang tepat diperlukan waktu pemupukan padi yang tepat juga. Karena ketepatan waktu sangat mempengaruhi daya serap tanaman terhadapat unsur hara n,p,k. Tidak mungkin kita memupuk saat usia tanaman padi saat masih sangat kecil, yang terjadi tanaman akan stress. Ok sahabat, kita langsung saja ke pointnya ya..


Cara Pemupukan Padi

Untuk pemupukan tanaman padi, anda harus tahu usia tanaman padi terlebih dahulu. Saat ini banyak sekali varietas padi yang dirilis pemerintah berumur genjah. Misalnya, inpari 10 berusia 108-116 hari dan inpari 13 berusia 103 hari. Sedangkan untuk padi ciherang dan ir 64 biasanya berusia 115-125 hari. Dengan melihat 2 kondisi ini saja, kita akan kesulitan untuk menentukan kapan waktu pemupukan yang tepat bagi keduanya.


Selain memperhatikan umur tanaman padi, hal penting yang harus diperhatikan adalah fase pertumbuhan tanaman padi itu sendiri. Sebelum mengetahui cara pemupukan padi yang tepat makan fahami juga fase-fase tumbuhnya tanaman padi ini.

Berikut adalah fase pertumbuhan tanaman padi :
  • Fase persemaian 20 hari 
  • Fase vegetatif 35 hst 
  • Fase generatif reproduktif 36-65 hst 
  • Fase generatif pematangan 66-100 hst

cara pemupukan padi sawah yang benar
Fase Pertumbuhan Padi

    1.Pemupukan Untuk Pupuk Dasar

    Saat bibit dipindah tanam, perlu waktu sekitar 8-12 hst atau rata-rata 10 hst untuk bisa memperkuat akar. Pada usia inilah, pemupukan pertama sangat dianjurkan. Karena pada usia tersebut daun dan akar tanaman padi mulai berkembang. Dengan begitu penyerapan unsur hara yang telah diberikan menjadi lebih maksimal.

    Baca Juga : 

    PERLU DI INGAT !
    • Jangan lakukan pemupukan makro (urea,sp-36,kcl) saat tanaman masih berumur 0-5 hst, sebab daun dan akar tanaman padi belum berkembang dan masih dalam  kondisi stres. Artinya akar belum siap menerima pupuk. Bila kita berikan akan sia-sia, apalagi kita berikan pupuk urea dalam jumlah yang tinggi.  Sebab pupuk urea mudah menguap dan bersifat higroskopis. 
    • Pada waktu pemberian pupuk sebaiknya memperhatikan kondisi air. Sebaiknya sewaktu pemberian pupuk, saat kondisi air lagi macak-macak. 
    • Waktu pemupukan jangan di padi hari karena tanaman masih banyak embun. Lakukan pemupukan di atas jam 8 pagi

    2. Pemupukan Masa Pemeliharaan

    Dimasa pemeliharaan, padi juga perlu diberi pupuk yang mengandung unsur hara makro dan mikro. Seperti yang sudah saya jelaskan di artikel pemupukan padi. Yang jadi pertanyaan, kapan waktunya ? 
    Berikut waktunya :

    1. Pemupukan pertama – dilakukan saat padi berusia -+ 10 hari. Pada usia ini padi mulai memperkuat akarnya. Jadi sangat bagus apabila diberi makanan. 
    2. Pemupukan kedua -  dilakukan saat tanaman berusia sekitar 21-25 hst, biasanya pada usia ini petani melakukan pembersihan gulma. Setelah pembersihan gulma selesai baru lakukan pemupukan, saat inilah pemupukan dilakukan. Dosisnya bisa anda baca di artikel saya sebelumnya cara pemupukan padi. 
    3. Pemupukan ketiga – dilakukan saat tanaman berumur  5 minggu (atau 30-40 hst ). Usia ini ialah perubahan dari fase vegetatif ke generatif. Pada kondisi tersebut tanaman sedang memerlukan nutrisi yang lebih. Masa ini ditandai dengan munculnya daun bendera atau padi bunting. Berarti malai padi akan segera muncul.

    Apakah bisa pemupukan pemeliharaan dilakukan 2 saja ? Bisa saja..! Tapi kurang efektif. Ibarat anda makan satu hari habis 3 piring normalnya dibagi pagi,siang,dan sore. Seandainya 3 piring tadi makan hanya pagi dan sore bagaimana reaksinya untuk kesehatan anda ? Tidak sehat kan. Lebih baik porsi sedang tapi  makannya rutin. Tanaman pun juga seperti itu, mereka juga makhluk hidup hehe.

    Nah sahabat, itulah artikel cara pemupukan padi yang dapat saya bagikan. Semoga bermanfaat untuk kita semua dan bernilai ibadah untuk saya.

    Apabila ada kekurangan dalam artikel cara pemupukan padi ini, saya mempersilahkan untuk memberikan kritik dan saran yang bersifat membangun.

    Selamat bertani,,

    0 comments